Minggu, 01 Februari 2009

BAB I
Laporan Kerja Praktek, seringkali membingungkan...Temen-Temen, Berikut akan saya tampilkan contoh dari laporan anak IT tentang Pembuatan Website....
1.1 Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan manusia akan informasi menjadikan terciptanya sebuah jaringan komputer yang dikenal masyarakat luas dengan nama internet. Dengan adanya internet tersebut informasi yang sulit didapat kini hanya dalam beberapa saat saja kita dapatkan.
........


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah
Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin meningkat sesuai dengan kebutuhan manusia akan informasi menjadikan terciptanya sebuah jaringan komputer yang dikenal masyarakat luas dengan nama internet. Dengan adanya internet tersebut informasi yang sulit didapat kini hanya dalam beberapa saat saja kita dapatkan.
Ada banyak keuntungan dan kelebihan yang ditawarkan oleh sebuah internet, dengan memanfaatkan internet pemakai komputer yang tergabung didalamnya bisa dengan mudah berkomunikasi tanpa perlu uang banyak yang menyebabkan pemborosan. Hanya dengan menghadap kesebuah layar computer, seorang yang berada di Indonesia akan dengan mudah berkomunikasi dan bertukar informasi dengan temannya yang berada di Negara lain.
Dengan adanya perkembangan teknologi informasi membuat aliran komunikasi yang ada menjadi lebih cepat sehingga jalanya informasi menjadi lebih mudah dijangkau oleh masyarakat. Dengan memanfaatkan internet, pemakai computer di seluruh dunia dimungkinkan untuk saling berkomunikasi dan memakai bersama informasi.
Karena kepopulerannya tersebut wajarlah jika internet sedemikian cepat sehingga menjadi sebuah trend yang berkembang pesat. Dalam beberapa tahun saja, internet menjadi idola bagi seluruh lapisan masyarakat yang ingin tahu dan haus akan informasi yang cepat dan up to date. Perkembangan ini membawa dampak positif bagi seluruh kalangan, dengan kepopuleran internet wajarlah bila internet merupakan solusi handal untuk mengenalkan dan mempromosikan perusahaannya dan bahkan sekarang banyak bermunculan homepage – homepage pribadi yang ingin sekedar dikenal orang.
Demikian pula sebuah sarana pendidikan, STIKES ‘Aisyiyah Bandung khususnya. Dengan adanya homepage ini mempunyai langkah maju untuk memperkenalkan dan memasyarakatkan dengan melalui internet. Baik untuk di Indonesia khusunya ataupun di dunia umumnya.

1.2 Identifikasi Masalah
Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini, penulis mengidentifikasikan masalah yaitu :
a. Bagaimana cara pembuatan system informasi berbasis web ini agar menjadi salah satu media informasi yang memuat informasi-informasi mengenai STIKES ‘Aisyiyah Bandung dapat diakses dengan mudah.
b. Bagaimana cara pemanfaatan World Wide Web agar menjadi salah satu media informasi yang memiliki banyak keuntungan.
c. Bagaimana agar pengembangan system informasi data melalui web akan memberikan nilai tambah bagi instansi, karena keunggulan informasinya.

1.3 Batasan Masalah
Dalam penyusunan dan pembahasan laporan ini penulis membatasi pada penggunaan homepage sebagai alat informasi di internet untuk memperkenalkan STIKES ‘Aisyiyah Bandung perangkat lunak ASP.NET dan SQL Server 2000.


1.4 Maksud dan Tujuan Kerja Praktek
Maksud diadakannya kerja praktek ini yaitu untuk menambah wawasan dan pengalaman terhadap ilmu-ilmu teoritis yang telah diperoleh penulis didalam perkuliahan.
Adapun tujuan dari kerja praktek ini yaitu untuk mempelajari penggunaan perangkat lunak ASP.Net dan SQL Server 2000 sebagai alat Bantu dalam pembuatan homepage di STIKES ‘Aisyiyah Bandung.


1.5 Kegunaan Kerja Praktek
Kegunaan yang didapat penulis dalam melaksanakan praktek kerja adalah:
a. Sebagai karya tulis untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti siding Program Diploma III Ilmu Komputer, Fakultas Matematuka dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran.
b. Bagi instansi tempat penulis melaksanakan kerja praktek, homepage tersebut bisa digunakan sebagai alat publikasi di internet agar STIKES ‘Aisyiyah Bandung bias lebih dikenal oleh masyarakat luas.
c. Menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat sebuah homepage yang berkaitan dengan ilmu computer sesuai dengan bidang pendidikan penulis yaitu Tekhnik Informatika.
d. Bagi pihak lain yang memerlukan laporan ini sebagai referensi tentang tata cara pembuatan homepage disebuah pendidikan.


1.6 Metode Kerja Praktek
Dalam penyusunan laporan praktek kerja ini penulis menggunakan metode deskriptif yaitu metode penulisan yang menggambarkan suatu masalah yang actual dengan jalan mengumpulkan data, mengolah, menyusun dan menyajikan.
Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah:
a. Pengumpulan data
Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengambil datum dari instansi yang terkait dengan perancangan homepage STIKES ‘Aisyiyah Bandung tersebut.



1.7 Lokasi dan Waktu Kerja Praktek
Penulis melakukan praktek kerja di STIKES ‘Aisyiyah Bandung yang beralamat di Jl. Banteng dalam No.6 Bandung. Adapun waktu yang dipergunakan dalam praktek kerja terhitung dari tanggal 1 November 2005 sampai dengan 19 Januari 2006.


1.8 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam laporan praktek kerja ini adalah:
• BAB I Pendahuluan
Berisi keterangan umum tentang laporan praktek kerja, latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, kegunaan kerja praktek, metode kerja praktek, waktu pelaksanaan kerja praktek, dan sistematika penulisan.
• BAB II Tinjauan Pustaka
Berisi tentang keterangan terhadap perangkat lunak yang digunakan sebagai alat Bantu dalam pembuatan homepage STIKES ‘Aisyiyah Bandung dalam hal ini tentang ASP.NET Web Matrik, Macromedia Flash MX 2004, Macromedia Dreamweaver MX 2004 dan SQL Server 2000.



• BAB III Objek Penelitian
Berisi tentang keterangan terhadap tempat dan lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian dalam hal ini STIKES ‘Aisyiyah Bandung sebagai objek penelitiannya.
• BAB IV Pembahasan Masalah
Berisi tentang tatacara pembuatan homepage STIKES ‘Aisyiyah Bandung dengan menggunakan perangkat lunak ASP.NET Web Matrik, Macromedia Flash MX 2004, Macromedia Dreamweaver MX 20004 dan SQL Server 2000.
• BAB V Kesimpulan dan Saran
Berisi tentang kesimpulan dari laporan praktek kerja dan saran-saran.



Reaksi:

0 komentar: