Senin, 19 Januari 2009

Tips Membeli Handphone Bekas

* Ujilah handphone bekas yang anda beli itu dengan sebuah kartu SIM (jika anda tidak punya, cobalah meminjam kepada teman anda). Jangan terlalu cepat puas jika hanya mengetahui handphone bekas ini bisa menyala, coba lakukan panggilan kepada seorang teman untuk menyakinkan fungsi speaker, dan penerimaannya masih berfungsi dengan baik.

* Tanyakan masalah kekuatan baterainya. Handphone bekas yang anda beli bisa jadi murah, tapi jika baterainya dalam kondisi tidak baik, maka anda harus membeli sebuah baterai baru lagi yang justru membuat harga handphone tersebut menjadi lebih mahal.

* Jika anda membeli sebuah handphone bekas tanpa dilengkapi dengan charger, anda harus lebih waspada, apalagi jika label nomor serialnya hilang atau terkupas dari bagian belakang handphone. Perhitungan harga charger pengganti (dan mungkin baterainya, jika baterai tersebut terlalu tua) sebagai harga total handphone bekas tersebut jika membelinya. Jika charger dan baterai ini tergolong tua atau sulit didapat dipasaran, harganya juga bisa menjadi lebih mahal.

* Periksa nomor IMEI (stiker yang ada dibagian belakang handphone, biasanya terletak dibawah baterai). Jika nomor IMEI tidak ada, anda bisa melihatnya dengan menekan kode " *#06# " pada handset tersebut, maka momor IMEI handset tersebut akan tampil dilayar handphone. hal ini juga merupakan langkah bagus untuk mengetahui apakah mainboard didalam handphone tersebut telah dirubah atau belum, dengan mencocokan nomor yang tampil dilayar dengan yang tertera pada stiker IMEI. Hal ini juga bisa dilakukan pada beberapa handphone CDMA.

* Jangan hanya melihat tampilan handphone yang tampak bagus, karena tampilan handphone yang terlihat baru tidak menjamin handphone ini bermasalah. sangat mudah sekali mengganti casing handphone yang sudah kusam dengan casing baru yang lebih menarikdengan harga yang sangat murah.

* Cobalah mencari beberapa petunjuk atau bekas luka pada handphone tersebut terutama pada bagian antena, baterai, casing, apakah ada bekas goresan atau benturan. (New's Ponsel)

Reaksi:

0 komentar: